Monday, February 16, 2015

Pro Kontra Pemasaran Pinterest tahun 2015

Pro Kontra Pemasaran Pinterest tahun 2015
Feb 17th 2015, 07:00

Apa itu Pinterest?

Dalam dunia internet saat ini, situs pemasaran sosial telah menjadi lebih dan lebih populer. Situs jejaring sosial memungkinkan orang untuk terhubung melalui kata-kata, gambar, suara dan bahkan video. Orang dapat terhubung kapan saja dan di mana saja. Pinterest adalah pemain utama di media sosial dengan lebih dari 13 juta pengguna dan telah menarik perhatian pemasar. Pinterest adalah situs sosial berbagi foto yang memungkinkan Anda untuk “Pin” gambar di papan pin virtual agar pin Anda terlihat dan berbagi dengan pengikut Anda.

Pengguna mengatur, berbagi dan menyimpan gambar yang di upload. Saat ini, Pinterest sangat populer di kalangan pemasar konsumen, tetapi haruskah pemasar B2B (bisnis ke bisnis) menggunakan platform ini dalam strategi media sosialnya ? Mari kita mempertimbangkan Pro dan Kontra dari pemasaran Pinterest.

Yang Pro tentang Pemasaran Pinterest

• Mudah Digunakan – Situs Pinterest mudah digunakan dan dinavigasi. Strategi pemasaran Pinterest terbaik untuk pendatang baru adalah pembuatan file yang dapat diakses hanya dengan satu klik pada pin dan memungkinkan pengguna untuk berbagi pin yang mereka sukai di profil bisnis pemasar.

• Menghasilkan Lalu Lintas Referral – Lebih banyak lalu lintas arahan yang dihasilkan oleh Pinterest daripada situs jejaring sosial yang besar.

• Konten adalah Visual – Karena Pinterest didasarkan pada berbagi foto, strategi pemasaran Pinterest yang terbaik untuk penjual adalah meng-upload gambar yang luar biasa dari produk atau jasa. Penjual juga harus menambahkan informasi toko mereka pada keterangan gambar dan mempromosikan pin ke papan lainnya. Tips pin di Pinterest termasuk saran mengorganisasikan merek Anda dengan menciptakan desain yang akan mengkategorikan produk Anda ke papan. Hal ini akan menghilangkan kesulitan klien untuk menelusuri apa yang Anda tawarkan.

• Riset Pasar – Pinterest tidak hanya memberikan kesempatan untuk eksposur pasar, tetapi juga menyediakan platform untuk riset pasar untuk meningkatkan strategi iklan Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan anggota Pinterest reguler. Dengan melihat pin dan komentar mereka, Anda akan belajar hal-hal yang menarik mereka. Pengetahuan ini akan
membantu Anda untuk mengembangkan kampanye pemasaran yang akan menargetkan demografis yang benar.

• Ideal untuk Eksposur Artistik – Jika Anda pelaku bisnis seperti arsitektur, desain interior, desain fashion atau industri sejenis lainnya, Anda akan merasakan bahwa Pinterest adalah situs yang ideal untuk memamerkan karya Anda secara online. Cara terbaik bagi Anda untuk membuat pin Anda diperhatikan adalah menjaga agar konten dan posting Anda menarik perhatian, orisinal dan berkualitas tinggi.

• SEO – Pinterest membangun link yang disimpan untuk setiap posting pengguna. Link yang disimpan adalah inbound link ke situs Anda. Selanjutnya, inbound link akan meningkatkan peringkat Anda di mesin pencari.

• Pengguna Wanita – 65% dari pengguna Pinterest adalah perempuan, dan 85% dari lalu lintas Pinterest didorong oleh perempuan. Oleh karena itu, jika klien bisnis Anda adalah perempuan, Pinterest bisa menjadi cara terbaik untuk menjangkau pelanggan potensial Anda.

Yang Kontra tentang Pemasaran Pinterest

• Hak Cipta – Ada masalah hak cipta yang disebabkan oleh banyaknya pengguna yang melakukan pin dan re-pin gambar yang dimiliki oleh orang lain. Beberapa blogger resmi telah menyampaikan keprihatinan untuk kemungkinan masalah hak cipta.

• Besarnya Jumlah Pengguna Perempuan – Jika minat Anda adalah yang menarik untuk pria seperti alat-alat listrik atau sepak bola, Anda mungkin tidak akan menemukan banyak gambar yang sesuai dengan keinginan Anda di Pinterest. Jika target demografis Anda bukan wanita, Anda mungkin tidak berhasil dalam pemasaran Pinterest.

• Tidak Berorientasi Bisnis – Berulang kali melakukan pin tidak dapat membantu pemasaran bisnis Anda, bahkan jika pin menjadi viral. Link ke situs Anda dapat hilang melalui proses re-pin berulang dan lebih banyak lalu lintas tidak terarah ke situs bisnis Anda. Juga, fokus di Pinterest seringkali pada konten gaya hidup dengan barang-barang seperti resep, dekorasi rumah dan fashion.


unsubscribe from this feed

No comments:

Post a Comment